Jumat, 19 Juli 2024
- Nikholas putra
PHR Kembangkan Aplikasi I-TRUST untuk Tingkatkan Keandalan Operasi Migas

 


DURI, Nusa24.com- 14 Juni 2024 - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional 1 Sumatera terus berkomitmen untuk meningkatkan keselamatan dan keandalan operasional melalui digitalisasi, salah satu langkahnya adalah melalui penerapan Super-app I-TRUST (Integrated-Testing-Reliability-Evaluation System Tracking). Aplikasi ini disosialisasikan dalam acara Drilling and Well Intervention (DWI) Quality Control (QC) Days 2024 yang mengangkat tema “Ensuring Safety & Operation Reliability Through Digitalization by Implementing I-Trust Super App” yang diselenggarakan di Widuri Club (WDC), Duri, Riau, pada Rabu-Jumat 12-14 Juni 2024. 

Aplikasi I-TRUST merupakan sistem QC yang berisi checklist terstandar dari 66 jenis perlatan/material pengeboran untuk meminimalkan deviasi antar petugas pemeriksa, termasuk di dalamnya sistem pelacakan dalam bentuk “QR code” guna material/peralatan yang telah terinspeksi benar-benar terkirim ke lokasi.

Implementasi aplikasi I-Trust dilakukan dengan mengajak para peserta workshop mengunjungi langsung Warehouse Cementing, Warehouse Mud dan Warehouse Directional mitra kerja PHR untuk implementasi langsung sistem QC hingga penerapan QR code. Workshop kali ini melibatkan wakil DWI dari DWI SHU, DWI 5 regional beserta 14 zonanya termasuk di beberapa fungsi terkait seperti, Drilling Technical Excellence Coordinator (DTEC), Upstream Innovation (UI), Operasi Eksplorasi, HSE yang berkolaborasi dengan fungsi ICT Regional 1.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melanjutkan pengembangan sistem QC material & peralatan pengeboran yang dirintis sejak tahun 2018 di Pertamina EP dan sempat terhenti pasca Go Live SHU 2021. Oleh DWI Regional 1 Sumatera, sistem ini tetap dikembangkan hingga menjadi aplikasi QC I-Trust yang saat ini telah diimplementasikan kembali di DWI Regional 1 Sumatera termasuk beberapa Wilayah Kerja (WK) Pertamina EP (PEP) dan lingkungan sumur-sumur eksplorasi di WK Rokan & Regional 1.

Sistem ini sebagai upaya membantu meningkatkan kontrol kualitas material dan peralatan pengeboran, sehingga meminimalisir risiko kegagalan operasi dan kecelakaan kerja. “Inovasi ini bukan hanya soal aplikasi, tetapi diawali dengan standarisasi checklist yang ddibungkus dalam bentuk digital dari sistem requested hingga tracking dengan QR code, adapun tujuannya untuk menghadirkan operasional yang unggul dan tetap aman untuk menjawab tantangan terkait operational excellence,” kata Senior Manager DWI PHR Regional 1, Nataniel B. Sangka.

Workshop ini juga menghadirkan tiga orang narasumber dari Guru Besar & Praktisi guna memberikan masukan dan saran untuk pengembangan sistem QC di lingkungan Pertamina termasuk pengembangan Super-app I-TRUST kedepannya.

Pada kesempatan tersebut, EVP Upstream Business PHR WK Rokan, Andre Wijanarko, optimis bahwa operasional di PHR akan semakin baik dalam menghadirkan energi bagi negeri. “Semoga aplikasi ini dapat mempermudah kita semua dalam operasional di PHR dan membawa kita ke era drilling yang lebih bagus, cepat, dan tentunya selamat. Inovasi ini juga untuk menjaga amanah dan tanggung jawab yang diberikan kita di Pertamina,” ungkap Andre dalam sesi pembukaan workshop.***

Berita Terkait

Kategori

Menu Lain

© Nusa24.com. All Rights Reserved.