Senin, 17 Juni 2024
- admin
Musrenbang RPJPD, Bupati Kasmarni Harapkan Bengkalis Bermasa Berbasis Ekonomi Unggul dan Berkelanjut

INFOTORIAL PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS

Nusa24.com - BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD) 2024-2045, di aula lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Selasa, 28 Mei 2024.

Bupati Bengkalis Kasmarni pada kegiatan Musrenbang RPJPD itu, mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyatukan tekad dengan menyampaikan ide, gagasan dan sumbang saran, serta berbagai masukan yang konstruktif lainnya, guna penyempurnaan rancangan RPJPD Kabupaten Bengkalis 20 ke depan.

"Mari bersama-sama kita wujudkan visi jangka panjang Kabupaten Bengkalis tahun 2025-2045 yakni Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera berbasis Perekonomian yang Unggul dan Berkelanjutan," ujar Bupati Kasmarni.

Musrenbang RPJPD, lanjut Bupati Bengkalis, merupakan salah satu tahapan yang wajib dilaksanakan guna menghasilkan RPJPD Kabupaten Bengkalis tahun 2025-2045 yang aspiratif dan berkelanjutan.

"Penyusunan RPJPD ini merupakan salah satu agenda Nasional dan dilaksanakan secara serentak di seluruh provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia. Mengacu pada instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 1 tahun 2024 dan surat edaran bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/kepala Bappenas nomor 1 tahun 2024 tentang penyelarasan RPJPD dengan RPJPN tahun 2025-2045, maka penyusunan RPJPD tahun 2025-2045 ini telah pula kita selaraskan dengan RPJPN tahun 2025-2045 dan RPJPD Provinsi Riau tahun 2025-2045, yang kemudian dikonsultasikan dengan Pemerintah Provinsi Riau melalui Bappeda Provinsi Riau, bertujuan agar apa yang menjadi tujuan pembangunan Kabupaten Bengkalis ke depan dapat terintegrasi, selaras, konsisten dan sinergi dengan tujuan pembangunan Provinsi Riau dan pembangunan nasional," jelas Bupati Bengkalis Kasmarni.

Guna mendukung visi Indonesia Emas 2045, serta visi Kabupaten Bengkalis,yakni Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera (Bermasa), Bupati Kasmarni menyebutkan bahwa sejak saat ini ada beberapa kebijakan strategis daerah yang sangat penting untuk dilanjutkan.

"Diantaranya rencana konektivitas langsung antara Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera dan mencetak generasi Emas Kabupaten Bengkalis. Di mana kedua kebijakan tersebut dilakukan melalui pengintegrasian kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah," tuturnya. 

Pada agenda Musrenbang RPJPD ini, Bupati juga berharap agar saat merumuskan rencana pembangunan betul-betul dapat memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis. Dan, meminta seluruh Kepala Perangkat Daerah serta pihak yang terlibat untuk bersama-sama memberikan pemikiran dalam proses penyusunan RPJPD 2024-2045.

Hadir dalam kesempatan itu, Pimpinan DPRD Bengkalis, Sofyan, dan sejumlah anggota DPRD Bengkalis, diantaranya H Arianto dan H Zamzami, Sekda Bengkalis, dr Ersan Saputra, para anggota Forkopimda, Pejabat Tinggi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, pimpinan perusahaan, perbankan, Kadin, Perguruan Tinggi, pengurus organisasi sosial kemasyarakatan dan sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga menghadirkan Pembicara dari Balitbang Provinsi Riau, diwakili Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Andi Ista Tutih dan Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis, Rinto. (Infotorial)

Berita Terkait

Kategori

Menu Lain

© Nusa24.com. All Rights Reserved.