Kejagung Copot Jabatan Jaksa yang Foto Bareng Djoko Tjandra

65
Foto Bareng Djoko Tjandra
Foto Bareng Djoko Tjandra

Nusa24.com — Kejaksaan Agung (Kejagung) merilis hasil pemeriksaan dugaan pertemuan dengan pajak Djoko Tjandra Pinangki alias Joko Tjandra Soegiarto. Kejagung memutuskan Pinangki dibebaskan dari tugasnya.

“Wakil Jaksa Agung telah memutuskan, sebagaimana ditentukan oleh Wakil Jaksa Agung Kep / 4/041 / B / WJA / 07/2020 dari 29 Juli 2020 tentang Pengenaan sanksi tingkat pembebasan berat disiplin jabatan struktural. Itu kerja-kan adalah turn-dilaporkan (pajak Pinangki), “kata Kepala Pusat Informasi Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Setiyono Day, Kejagung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (2020/07/29).

Hari ini Pinangki terbukti menjadi pelanggaran disiplin. Yaitu, saya menyebutnya, pergi ke luar negeri sebanyak sembilan kali selama 2019 tanpa persetujuan tertulis dari manajemen, salah satunya ia bertemu dengan Djoko Tjandra.

“Setelah pemeriksaan kotak, diperoleh deklarasi para pihak, saksi mengatakan, keberadaan gambar, bukti dari hasil penelitian yang dilaporkan atas nama Dr. Pinangki Rays Malasari, jabatan Kepala seksi Pemantauan dan evaluasi II dalam perencanaan pelatih Kantor Asisten Jaksa, menunjukkan bahwa mereka telah melanggar disiplin pegawai negeri sipil, yang telah melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa izin diperoleh secara tertulis dari kepala sebanyak sembilan kali di tahun 2019 “kata Hari.

“Oleh karena itu, hasil kasus pengawasan pemeriksaan terhadap masalah ini memilikinya selesai dan disiplin tingkat berat jatuh dari kepemimpinan seperti yang saya katakan pembebasan sebelumnya posisi struktural,” tambahnya.

Sebelumnya, seorang wanita bernama Pinangki membantu jaksa meneliti bidang monitoring Kejagung. Pinangki diduga menyeret alias Djoko Tjandra kejutan buronan.

Kapuspenkum Kejagung, Hari mengatakan Pinangki diperiksa Setiyono terkait dengan gambar yang beredar di medsos dengan Kolopaking Anita, yang adalah seorang pengacara Djoko Tjandra. Pemeriksaan Pinangki masih sedang berlangsung.

“Ada berita di jaringan sosial dengan foto yang diduga berisi Pengacara Anita Kolopaking dengan jaksa perempuan yang disebut di berita Pinangki dikenal sebagai jaksa di Kantor Kejaksaan Agung,” kata Hari dalam sebuah pernyataan, Jumat (24/7 ). (*)