Jumat, 19 Juli 2024
- ( Purba )
PEBRI MAHMUD SUMONDO URANG BENAI,Berikut Ulasannya

 

Kuansing - Nusa24.com- Ternyata Pebri Mahmud yang digadang gadang sebagai bakal calon Wakil Bupati Suhardiman Amby adalah sumondo orang  Benai, beliau  merupakan Salah satu Tokoh muda yang menjadi teraju adat pada Lembaga Adat Melayu Riau yang didaulat Oleh para pemangku adat Se Kuantan Singingi untuk menjadi Ketua Majelis Kerapatan Adat,   pebri Mahmud  Mempersunting gadis molek  asal Benai bernama Sada Risnah, S.STP, M.Si atau lebih dikenal dengan Eris.

Meskipun kehidupan pribadinya tak pernah tersorot, Eris merupakan Srikandi tangguh asal Benai yang karirnya bisa dikatakan sangat gemilang. Memulai karir dari lurah dan beberapa kali menjabat menjadi camat di Gunung Toar dan Kuantan Mudik. Alumni STPDN angkatan 12 itu sampai saat ini masih aktif sebagai Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Kuantan Singingi.

Pernikahan Pebri & Eris sudah dikaruniahi tiga orang anak laki-laki. Eris  adalah anak ke 3 dari 5 bersaudara yang merupakan Putri dari pasangan H. Miladi dan Almh. Puti Sidarwanis yang juga putri bungsu Rajo Somad.

Ayahanda dari Sadah Risna (Eris) yang bernama H. Miladi merupakan pensiunan Guru, beliau pernah mengabdikan dirinya sebagai seorang guru di SDN Tebing tinggi, Menjadi kepala sekolah di SD Muara Langsat, Kepala SDN Kebun nenas Jake, Kepala sekolah SDN Pulau Kopuang kecamatan Sentajo Raya dan terakhir sebagai Pengawas sekolah TK/SD Se-Kecamatan Benai.

Dalam kehidupan sosial sehari-hari nya Ayahanda Eris Bapak H. Miladi aktif didalam organisasi persaudaraan Haji dan koperasi guru  se-Kecamatan Benai. H. Miladi menjadi single Parent bagi anak-anaknya, pasalnya Ibu Puti Sidarwanis meninggal dunia tahun 1988 ketika itu anaknya masih kecil-kecil. Sada Risnah waktu itu masih berumur 8 tahun. Perjuangan Bapak H. Miladi dalam membesarkan dan mendidik 5 anaknya dengan kedisiplinan tinggi walaupun tanpa sentuhan seorang ibu, Beni Miprasadi si anak sulung dipercaya Bupati Suhardiman Amby sebagai Kabid Di Dinas Tanaman Pangan, anak ke-2 Liza Despianti sebagai Guru di SMAN 1 Teluk Kuantan, anak ketiga Sada Risnah (Istri Pebri) sebagai Sekretaris Badan Kesbangpol, dan anak ketiga Nia Semartiana sebagai Pejabat Fungsional di Bappedalitbang, dan si Bungsu Asep Khairudin meninggal diusia muda.
 
Semua anak bapak H. Miladi berpendidikan tinggi, Beni Miprasadi lulusan S.1  STIE Riau, Liza Despianti lulusan S.1 Universitas Riau, Sada Risnah lulusan STPDN dan Pasca Sarjana UGM Yogyakarta, dan Nia Semartiana lulusan Institut Teknologi Bandung. Perjuangan Bapak H. Miladi patut menjadi tauladan bagi masyarakat Kuantan Singingi. Ayah-Ayah hebat ini jarang terekspose ke ruang Publik, dan mungkin banyak lagi ayah-ayah hebat lainnya dikuansing yang hanya tersenyum simpul dalam kesendiriannya dihari tua melihat anak-anaknya sukses dan berhasil. 

Saat ini bapak H. Miladi sudah memasuki usia 70 Tahun, tinggal di Desa Benai Kecil Kecamatan Benai. Bapak H. Miladi adalah Mamak (Paman) dari Anggota DPRD Propinsi Riau H. Marwan Yohanis.

Kategori

Menu Lain

© Nusa24.com. All Rights Reserved.