Jumat, 19 Juli 2024
- Nikholas putra
Bupati Bengkalis Melepas Peserta Pawai Takbir Idul Adha, Ribuan Masyarakat Turun ke Jalan

MANDAU – Nusa24.com- Pelaksanaan takbiran malam ini bertujuan mengagungkan kebesaran-Nya sebagai pertanda menyambut datangnya Hari raya Qurban bagi umat islam, untuk itu mari kita saling memberi maaf, memperbaiki diri dan memperkokoh silaturrahmi untuk meningkatkan kepedulian kita kepada kaum dhuafa, fakir miskin.

 

Minggu malam 16 Juni 2024, Bupati Bengkalis Kasmarni di dampingi Camat Mandau, Riki Riahardi, ketua TP PKK, Dewi Asdinar melepas peserta pawai takbir Idul Adha 1445 H, di Jalan Jenderal Suderman depan Bank Mega, di saksikan ribuan masyarakat kota Duri, sehingga berlangsung meriah. Pelepasan pawai takbir ditandai dengan mengangkat bendera start oleh Bupati.

 

Adapun rute yang dilalui peserta pawai obor ini, dimulai dari panggung pelepasan Jalan Sudirman finishnya di depan Kantor UPT Dukcapil Mandau, diikuti 9 Kelurahan dan dua Desa se- Kecamatan Mandau. Terlihat di sepanjang Jalan Sudirman peserta pawai takbir tidak henti-hentinya mengumandangkan kalimat takbir dan tahmid.

 

Camat Mandau, Riki menyampaikan bahwa Kegiatan Pawai Takbir ini merupakan sebuah tradisi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita, kami dengan bangga mempersembahkan pawai takbiran tingkat kelurahan dan desa. Pawai takbiran ini bukan sekedar sebuah perayaan, tetapi juga simbol kebersamaan, persaudaraan, dan kedamaian di tengah-tengah masyarakat kita yang beragam.

 

Kemudian kegiatan pawai takbiran ini mengajarkan kepada kita untuk menghormati perbedaan, menjaga persatuan, dan untuk menyebarkan cinta dan kasih sayang kepada sesama. Melalui kekuatan takbir yang penuh keikhlasan, kita semua bersatu dalam satu suara, menyambut datangnya bulan yang penuh berkah ini,” ucap Riki Riahardi. 

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa pelaksanaan pawai takbir Idul Adha 1445 Hijriah, yang digelar setiap tahunnya sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendukung bidang keagamaan sekaligus sebagai upaya bersama untuk mensyiarkan nilai-nilai Islam dalam menumbuhkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan umat.

 

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami menyambut baik dengan diselenggarakannya pawai takbir atau pawai obor Idul Adha 1445 H, selain sebagai bentuk syi’ar Islam, juga merupakan tradisi kita di Negeri Junjungan.Bupati juga meminta seluruh peserta mematuhi aturan yang telah ditetapkan, agar pelaksanaan pawai takbiran berlangsung aman, tertib, sukses dan lancar.”

“Usai pawai takbir ini, jangan lagi ada kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat, seperti balapan, maupun kegiatan-kegiatan negatif lainnya. Besok pagi mari bersama-sama kita datangi masjid atau lapangan tempat pelaksanaan salat Idul Adha dan kita dengarkan pesan-pesan agama yang akan disampaikan oleh khatib,” pesan Bupati.

“Selamat hari raya Idul Adha 1445 Hijriah. Mari kita rayakan hari mulia ini dengan merefleksikan serta mentransformasikan seluruh nilai-nilai yang terkandung pada ibadah qurban, terus wujudkan nilai-nilai kebersamaan, memperkuat ikatan sosial serta mendorong diri untuk selalu berperilaku bijaksana,” ucap Bupati Kasmarni.”

 

Turut hadir mendampingi Bupati, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Bengkalis Syaiful Ardi, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat Bathin Bathin Solapan, Camat Pinggir, Talang Muandau, Koramil 03 Mandau, Kapolsek Mandau, kepala UPT lurah kepala desa serta Kecamatan Mandau, dan para tamu undangan terhormat lainnya.



Berita Terkait

Kategori

Menu Lain

© Nusa24.com. All Rights Reserved.